KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA hasilkan BIOSOLAR

>> Selasa, 27 Oktober 2009

Biosolar adalah bukti nyata dari KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA. Biosolar adalah solusi alternative bahan bakar yang ramah lingkungan yang telah di ciptakan oleh PERTAMINA belum lama ini. Hal ini pun menjadi bukti bahwa Pertamina perduli terhadap lingkungan. Udara yang bersih tanpa polusi adalah harapan PERTAMINA begitupun dengan kita semua. Bisa dibayangkan tingkat polusi di Negara kita makin hari sepertinya makin meningkat. Maka dari itu Biosolar adalah satu upaya untuk mengurangi pencemaran udara.
Biosolar termasuk jenis energi hayati non fosil yang bisa diperbarui ( renewable energi ) dan menurut Pertamina bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sedangkan jenis energi fosil sudah tidak terbantahkan akan habis pada saatnya.Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Jenis energi terbarukan yang memiliki sumber daya energi secara alamiah,tidak akan habis dan dapat berkesinambungan jika dikelola dengan baik. Contoh missal, Panas Bumi, Biofuel, Aliran sungai, Panas Matahari, Angin. Dari sederet jenis energi yang terbarukan itu Pertamina sekarang bergerak lagi ke energi biofuel. Dan ini adalah salah satu bukti lagi dari KERJA KERAS ADALAH ENERGI KITA.

Biosolar adalah salah satu biofuel yang tengah di kembangkan oleh Pertamina, yaitu bahan bakar diesel yang terbuat dari unsure hayati-nabati non fosil. Biofuel bisa didapat dari minyak nabati seperti minya kelapa sawit atau CPO ( Crude Palam Oil ) bisa juga didapat dari mnyak pohon jarak pagar atau CJCO ( Crude Jatropha Curcas Oil ). Keunggulan dari Biosolar adalah lebih mudah di transportasikan, memiliki kerapatan energi per volume yang lebih tinggi, memiliki karakter pembakaran yang telatif bersih serta yang paling penting adalah ramah lingkungan.

Beberapa bulan yang lalu Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Departemen Kehutanan (Dephut) tengah fokus seriusi penelitian bahan bakar alternatif solar dari tanaman nyamplung. “Hasil uji coba menunjukkan biosolar ini sesuai dengan standar solar,” kata Kepala Badan Litbang Dephut, Tachrir Fathoni. Tim riset telah menguji kegunaan biosolar nyamplung sebagai bahan bakar bus, mobil pribadi, dan traktor. Biosolar nyamplung memiliki kelebihan disbanding dengan biosolar jarak pagar. Lokasi peraga biosolar saat ini berada di Kebumen, Purworejo dan Banyuwangi. Dari informasi yang saya dapat riset Nyamplung ini juga dilakukan di Malaysia.

Di Riau, pemerintah mendorong masyarakat untuk merintis Hutan Tanaman Rakyat (HTR) nyamplung di atas lahan 5-6 ribu hektar. Ia menambahkan hasil penelitian nyamplung juga didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Minyak (ESDM) miliaran rupiah. Mesin pengolah biji nyamplung ini, kata Tachrir, diproduksi secara lokal. Dengan mesin tersebut setiap harinya dapat diproduksi 500 liter biosolar.

Potensi biosolar tumbuhan tepi pantai ini juga dilirik oleh Belanda, beberapa perusahaan tertarik untuk mengembangkan nyamplung. Terdengar kabar juga sebuah perusahaan Grup Salim juga memohon izin Hutan Tanaman Industri ( HTI ) nyamplung di Sulawesi.













Reblog this post [with Zemanta]

11 komentar:

alternatif review 31 Oktober 2009 00.32  

wah dari jilbab ke biosolar.. heheheh semangat deh mengikuti kontesnya!!

Kem 31 Oktober 2009 08.18  

@alternatif review : hanya ikut meramaikan aja..hehe. tks udah mau mampir ya

yanti tukang kerupuk 1 November 2009 01.15  

mba atau mas nie? salam kenal ya...makasih dah mampir. Boleh tukeran link gak?maaf, tiba-tiba nyelonong ajah.salam.yanti.

mengembalikan jati diri bangsa 1 November 2009 07.46  

oo, ini mas-mas tooo...
salam.yanti

Kem 2 November 2009 03.13  

@ Mbak Yanti : salam kenaljuga, saya mas2..hehe. dengan senang hati tukeran link nya. udah saya pasang ya..silakan dicek.

kerja keras adalah energi kita 8 November 2009 16.49  

maaf, baru sempat bersilahturahmi ..
sudah seminggu saya plesiran, hehehe.
salam.yanti

Kem 9 November 2009 03.57  

makasih mba yanti...tks juga udah mampir.

yanti tukang kerupuk 1 Desember 2009 00.45  

anda adalah blogger panutan..salam hangat dari Yanti. Kebetulan anda mendapat award berupa YOU ARE NICE BLOGGER. Selamat ya. keep posting...

Kem 5 Desember 2009 01.28  

@ mba Yanti: Aduuh mba...makasih banyak ya. saya belum pantas dapat award ini..masih jg masih nubi, kudu banyak belajar..semangat

Mr, Kem 6 Januari 2010 09.20  

Cuma sekedar meramaikan saja kok om..hehe..sambil iseng2 belajar SEO..

Poskan Komentar

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP